Untitled Document
PRESIDEN RI MENGUNJUNGI LOKASI GELTEK BALITBANGTAN PADA ACARA HARI PANGAN SEDUNIA(HPS) DI MAKASAR
Nopember 2014

Diupdate: Selasa, 18 November 2014

Download Artikel


Presiden RI, Joko Widodo, Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman dan Sekjen Kementan, Hari Priyono berkunjung ke lokasi Geltek Balitbangtan pada acara HPS

Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-34 dilaksanakan di Makasar, Sulawesi Selatan. HPS tahun 2014 ini bertemakan “Pertanian Bioindustri Berbasis Pangan Lokal Potensial” yang diawali dengan Seminar Nasional yang diadakan tanggal 4 November 2014 di Hotel Grand Clarion Makasar oleh Badan Litbang Pertanian (BALITBANGTAN) dalam hal ini PSE-KP.

Presiden yang hadir didampingi Ibu Iriana Joko Widodo, Menteri Pertanian Amran Sulaiman serta Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan ke Gelar Teknologi Badan Litbang Pertanian pada tanggal 5 November 2014 di sore hari menjelang malam. Presiden RI berbincang dengan Dr. Marcia P., peneliti Balitsareal tentang bioetanol sorgum yang dapat mengoperasikan kompor dengan 1 liter bioetanol untuk 9 jam pemakaian dalam kondisi nyala. Setiba di lokasi, Presiden beserta rombongan langsung menuju areal jambore varietas dan gelar teknologi yang menampilkan berbagai varietas dan komoditas unggul. Presiden yang dipandu oleh Kepala BPTP Sulawesi Selatan Dr. Fadjry Djufry tampak antusias melihat tanaman cabai dan kedelai yang dapat tumbuh baik di lokasi tersebut. Antusiasme Presiden semakin meningkat saat berkunjung ke area jagung dan sorgum serta Saung Toraja yang menampilkan alat pengolah sorgum menjadi sumber pangan dan bioenergi.

Sorgum yang ditampilkan Balitbangtan merupakan varietas Numbu dan Super yang dapat dikembangkan di lahan marjinal termasuk lahan gambut. Oleh karena itu, Presiden berpesan agar sorgum segera dibudidayakan secara masif di lahan gambut dengan melibatkan swasta (pengusaha) dan disertai dengan alat proses pengolahan pangan dan energi berskala besar.

Padatanggal 5 November 2014, Pameran diadakan di lokasi HPS di Taman Maccini Sombala Makasar. Area pameran terdiri dari 3 Roder yaitu Roder A, B dan C. Stand Badan Litbang Pertanian berada di Roder B menyatu dengan stand Direktorat Jenderal Teknis Kementerian Pertanian lainnya, yaitu Sekjen, BKP, Barantan, BPSDMP, P2HP, DitjenHorti, Ditjen TP, Ditjen Bun, DitjenNakdanDitjen PSP.


Stand Badan Litbang Pertanian MenampilkanI novasi Teknologi Pascapanen Jagung, Sorgum dan Sagu



Inovasi Teknologi Pascapanen Sagu (Tepung, Mi dan Papeda). Teknologi Pascapanen Sorgum (Gula Semut, Gula Kristal, Tepung, Beras dan Kemasan).



Inovasi Teknologi Pascapanen Jagung (Tepung, Beras, Mi, Macaroni, Keripik, Emping, Kemasan Biofoam dan Buku Teknologi)


Tanggal 6 November 2014, Pameran Flori dan Flora Nusantara (PF2N) dan Hari Pangan Sedunia ke-34 di Taman Maccini Sombala, Makasar, Sulawesi Selatan dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Selatan. Acara pembukaan dihadiri oleh Ibu Wapres, Mufida Kalla serta beberapa pejabat tinggi Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan lain-lain.

Pada hari pertama, tanggal 6 November 2014, pameran HPS di stand Badan Litbang Pertanian menyajikan icip-icip kue tradisional berbasis tepung sorgum yang terdiri dari talam udang, lapis hijau, bolu peca, dan naga sari sedangkan dari tepung sagu dibuat ongol-ongol. Para pengunjung yang datang berasal dari berbagai instansi maupun masyarakat sekitar sangat antusias dengan hasil inovasi teknologi Badan Litbang Pertanian yang ditampilkan serta kudapan yang dibuat dari tepung sorgum sangat diminati karena mereka belum pernah tahu jika sorgum dapat dimanfaatkan untuk tepung dan dapat dibuat penganan yang enaknya tidak kalah dengan olahan tepung terigu. Komoditas sorgum banyak ditanam di Jawa Timur, NTT dan Kalimantan Tengah. Pemanfaatan sorgum sudah mulai diberdayakan, dan pemerintah menaruh perhatian kepada komoditas sorgum yang bijinya dapat diolah menjadi beras sorgum dan tepung , batangnya dimanfaatkan untuk bioetanol serta pembuatan gula, sedangkan daunnya dimanfaatkan untuk pakan ternak dan bagasnya untuk pembuatan kemasan ramah lingkungan.


Pengunjung Pameran HPS di Stand Badan Litbang Pertanian pada Hari Pertama

Pada hari kedua, tanggal 7 November 2014, pengunjung pameran HPS 014 masih antusias datang ke stand Badan Litbang Pertanian walaupun suhu udara di dalam tenda Roder B ini sangat panas sekali. Pada hari kedua ini, tim BB Pascapanen menyajikan icip-icip kue kering sorgum, brownies dan eggroll jagung. Pada siang harinya, pengunjung stand pameran disuguhi mi spageti sagu. Stand Badan Litbang Pertanian dikunjungi oleh pejabat tinggi Kementan yaitu Dirjen Hortikultura, Dr. Hasanuddin Ibrahim dan Kepala Badan Pengembangan SDM Pertanian, Dr. Winny serta Wakil Bupati Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Pengunjung juga ada yang berasal dari instansi pemerintah, perguruan tinggi, sekolah menengah dan masyarakat sekitar Makassar.


Kunjungan Direktur Jenderal Hortikutura Kementan ke Stand Balitbangtan dan Wakil Bupati Luwu UtaraSulawesi Selatan yangf tertarikdengan Papeda Siap Saji



Pengunjung di Hari Kedua Pameran HPS



Siswi SMP berkunjung ke Stand Badan Litbang Pertanian sambil Mencicipi Aneka Kue Kering Sorgum, Brownies dan Eggroll Jagung



Pengunjung Antusias Mencicipi Mi Spageti Sagu


Link - Link Terkait :
LINK-LINK

VISITOR COUNTER
Online : 1 User
Total Hits : 92251 Hits
Hari Ini : 6
Kemarin : 291
Bulan Ini : 8214
Tahun Ini : 66813
Total : 86619